PRESENTASI VIDEO

 PRESENTASI VIDEO

 

 

 

  1. 9. Kegiatan Belajar Ke-13 Memahami Presentasi Video

 

 

 

 

  1. Tujuan Pembelajaran

 

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu :

 

         Menjelaskan pengertian presentasi video

 

     Menjelaskan fungsi presentasi video dalam upaya mengomunikasikan ide atau gagasan

         Mengidentifikasi jenis-jenis presentasi video

 

 

  1. b. Uraian Materi

 

 

 

Manusia sebagai mahluk visual dapat dengan mudah mendapatkan informasi dengan melihat sesuatu yang “hidup”, bergerak dan bersuara. Untuk  mengomunikasikan suatuide atau gagasan dengan  lebih  efektif maka diperlukan sebuah presentasi dalam bentuk video yang akan menampung gerakan sekaligus suara yang diperlukan.

 

 

Pada awalnya gerakan hanya dapat ditangkap dan diujudkan kembali melalui pita celluloid yang kita sebut film.Film yang pertama juga hanya dapat menampung gerakan tanpa suara.Dalam perkembangannya film dapat juga menampung suara.Pita celluloid digantikan dengan pita magnetik yang mampu merekam gerakan dan suara.Perkembangan terakhir yang terjadi adalah penggantian pita maknetik dengan rekaman data digital.Rekaman gerak dan suara dalam bentuk data digital dapat dilakukan dengan mudah dan murah karena semakin berkembangnya perangkat jinjing (gadget) yang dilengkapi dengan lensa.

 

Membuat video melalui proses panjang merekam gambar dan suara menggunakan lensa dan mike, menata urutan dan menyambung serta memisah gambar menjadi kesatuan yang utuh adalah prose presentasi video.

 

 

 

 

 

Pengertian Presentasi Video

 

Presentasi video   adalah video untuk mengomunikasikan ide atau gagasan,  yang  digunakan untuk  memperkenalkan  produk  yang  dibuat melalui proses merekam gambar dan suara, menata urutan dan menyambung serta memisah gambar menjadi kesatuan yang utuh.

 

 

 

Fungsi Presentasi Video

 

Sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide atau gagasan menyajikan suatu produk yang telah dihasilkan.

 

Sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide atau gagasan, presentasi video harus mengemukakan keunggulan ide atau gagasan yang akan disampaikan. Ide atau gagasan diperoleh dari adanya masalah yang dihadapi  dalam  kehidupan  sehari-hari  terkait  dengan  produk  yang dipelajari pada program keahlian.

 

Gagasan atau konsep adalah hasil pemikiran yang lahir sebagai solusi untuk mengatasi masalah.Hasil pemikiran yang lahir bukan sebagai masalah, biasanya hanya terjadi pada ilmu murni dan seni murni.Pada hal ini yang kita bicarakan adalah gagasan atau konsep sebagai solusi mengatasi masalah.Pada dasarnya, masalah adalah kesenjangan antara kenyataan dan harapan.Pada tahap ini perlu pelatihan mengidentifikasi masalah.Mampu mengidentifikasi masalah merupakan setengah langkah untuk menemukan solusi sebagai satu langkah yang utuh.

 

Gagasan atau konsep pada presentasi video, akan mencapai tujuan branding, dan marketing, bila gagasan itu asli, benar, dan bermanfaat. Asli, artinya gagasan atau konsep bukan hasil pemikiran orang lain, hasil kreativitas sendiri (be yourself). Bukan plagiasi. Tidak harus mencipta

 

 

 

baru.maksudnya tidak menyalahi kaidah keilmuan, tidak bertentangan dengan norma atau aturan.Bermanfaat, artinya solusi bagi banyak orang.

 

Untuk  memperoleh  gagasan  produk  yang  akan  dibuat,  Anda  dapat melatih kepekaan atas kekurangan atau kelebihan suatu produk yang ada ditinjau dari beberapa aspek:

 

       Ukuran

 

       Bentuk

 

       Fungsi

 

       Warna

 

       Bahan

 

       Peningkatan ketepatan, kecepatan, kenyamanan

 

Setelah Anda mengenal aspek-aspek yang dapat diperhatikan dari suatu produk, cobalah langkah berikut.

 

  1. Amatilah sebuah produk, perhatikan aspek-aspek di atas, dan berikan komentar  atas   kekuarangan   dan   kelebihan   produk tersebut.
  2. Carilah informasi apakah  kekuarangan  produk  tersebut menimbulkan masalah bagi penggunanya.
  3. Rumuskan masalah tersebut.

 

  1. Kumpulkanlah kemungkinan-kemungkinan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.
  2. Pertimbangkan dan pilihlah solusi yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut sesudah mempertimbangkan kelebihan atau kekurangan yang akan terjadi.
  3. Rumuskan ide  atau  gagasan  baru  untuk  memodifikasi  produk yang ada agar dapat mengatasi masalah yang terjadi.

 

 

 

Jenis Presentasi Video

 

Berdasarkan tujuan pembuatannya, video dapat dibedakan menjadi:

 

  1. Video cerita

 

 

 

Sebuah  video  yang  mempunyai  alur  cerita  yang  mempunyai pembuka, klimaks, dan antiklimaks.

  1. Video documenter

 

Sebuah   video   yang   menggambarkan   sebuah   kejadian   atau peristiwa dalam kehidupan nyata.

  1. Video berita

 

Sebuah video yang memaparkan sebuah berita.

 

  1. Video pembelajaran

 

Sebuah   video    yang    bertujuan   untuk    memberikan    materi pembelajaran agar mudah diserap dan dapat dimainkan ulang.

  1. Presentasi video

 

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *