Buku digital

Pengertian Buku Digital

 

Gambar 1 Ilustrasi buku digital

Buku digital atau e-book merupakan sebuah publikasi yang terdiri dari teks, gambar, video, maupun suara dan diterbitkan dalam bentuk digital yang dapat dibaca di komputer maupun perangkat elektronik lainnya.

 

Fungsi dan Tujuan Buku Digital

 

  1. Fungsi

 

  1. Sebagai salah satu alternatif media belajar.

 

Berbeda dengan buku konvensional, buku digital dapat memuat konten multimedia didalamnya sehingga dapat menyajikan cara belajar yang menarik.

  1. Sebagai media berbagai informasi.

 

Buku digital dapat disebarluaskan dengan lebih mudah dibandingkan buku konvensional. Cara menyebarluaskan buku digital dapat melalui media seperti website, kelas maya, email dan media digital yang lain.Seseorang dapat menjadi pihak pengarang serta penerbit dari buku yang dibuat sendiri dengan mudah.

  1. Tujuan

Ada beberapa tujuan pengembangan buku digital, yaitu:

 

  1. Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk berbagi informasi dengan lebih mudah, dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan membuat konten dalam bentuk digital, pengarang tidak perlu mendatangi penerbit untuk menerbitkan bukunya, cukup mendatangi salah satu situs penerbit digital dan memberikan bukunya secara mandiri.
  2. Melindungi informasi yang disampaikan.

 

Berbeda dengan buku fisik yang dapat rusak, basah maupun hilang. Buku digital berupa data di komputer terlindungi dari masalah-masalah tersebut. Walaupun data tersebut hilang, pengguna dapat dengan mudah mencari penggantinya baik dari internet maupun meminta kembali pada pembuat buku.

  1. Mempermudah proses memahami materi ajar.

 

Dalam perangkat lunak buku digital, Anda dapat memberikan catatan tertentu dalam materi, mencari kata atau kalimat tertentu dalam materi, file multimedia yang dapat langsung di mainkan untuk memperkaya konten buku sehingga membantu memahami materi ajar dengan lebih baik dan cepat.

Jenis Buku Digital

 

Berikut beberapa format yang tersedia untuk buku dalam format digital

 

      AZW –  Sebuah  format  proprietary  Amazon.  Hal  ini  menyerupai format MOBI kadang-kadang dengan dan kadang-kadang  tanpa menyertakan Digital Rights Management (DRM). DRM pada format

ini dikhususkan untuk Kindle Amazon.

 

      EPUB -Format terbuka didefinisikan oleh Forum Open digital book dari   International   Digital   Publishing   Forum   (<idpf>).   Hal   ini mengacu kepada standar  XHTML dan XML.  Ini adalah  standar yang   sedang   berkembang.   Spesifikasi   untuk   EPUB   dapat ditemukan di situs web IDPF. Adobe, Barnes & Noble dan Apple semua memiliki DRM mereka sendiri untuk format ini yang tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya. Saat ini sudah ada versi baru dari format ini disebut ePub 3 tetapi belum digunakan secara luas.

 

      KF8 -Format Kindle Fire dari Amazon. Hal ini pada dasarnya ePub disusun dalam pembungkus PDB dengan Amazon DRM. Format ini diharapkan  untuk  digunakan  bagi  pembaca  digital  book  dari Amazon lainnya.

      MOBI – Format MobiPocket, ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri MobiPocket yang tersedia pada hampir semua PDA dan Smartphone. Aplikasi Mobipocket pada PC Windows dapat mengkonversi Chm, doc,Html,OCF, Pdf, Rtf, dan Txt file ke format ini. Kindle menampilkan format ini, juga.

 

      PDB – Palm File Database. Dapat menyertakan beberapa format digital book yang berbeda yang ditujukan untuk perangkat berbasiskan sistem operasi Palm. Pada umumnya digunakan untuk buku digital berformat PalmDOC (AportisDoc) dan format eReader juga dan banyak lainnya.

 

      PDF –  Portable  Document  Format  yang  diciptakan  oleh  Adobe untuk   produk   Acrobat   mereka.   Ini   secara   tidak   langsung merupakan format yang digunakan untuk pertukaran dokumen. Dukungan perangkat lunak untuk format ini hampir mencakupi semua platform komputer dan perangkat genggam. Beberapa perangkat memiliki masalah dengan PDF karena kebanyakan konten yang tersedia akan ditampilkan baik untuk format A4 atau surat, yang keduanya tidak mudah dibaca ketika diperkecil sesuai

 

layar   kecil.   Beberapa   aplikasi   pembaca   buku   digital   dapat menyusun ulang tampilannya beberapa dokumen PDF, termasuk Sony   PRS505,   untuk   mengakomodasi   layar   kecil.   Beberapa aplikasi pembaca buku digital, termasuk Iliad IREX, memiliki fitur pan-dan-zoom yang membantu mudah dibaca.

 

      PRC –    Palm    Resource    File.    Sering    menyertakan    e-book Mobipocket tapi kadang-kadang menyertakan eReader atau e-book AportisDoc.

 

      TPZ – Topaz file extension yang digunakan pada Amazon Kindle.

 

Topaz adalah pengatur layout yang berguna untuk  mengatur pada halaman, bersama dengan versi teks OCR. Format proprietary dari Amazon, digunakan untuk membuat buku-buku tua dengan cepat, karena proses konversi pada dasarnya otomatis dari scan halaman dari sebuah buku, tetapi dengan kelebihan yaitu penyusunan teks (reflows) yang sangat baik.

 

      HTML – Hyper Text Markup Language adalah tulang punggung dari World Wide Web. Banyak teks yang didistribusikan dalam format ini. Selain itu, beberapa pembaca e-book mendukung Cascading Style  Sheets  (CSS)  yang  pada  dasarnya  gaya  utama  panduan untuk halaman HTML.

 

      CHM – Compressed HTML, sering digunakan untuk file bantuan Windows. Hal ini telah menjadi sangat populer untuk distribusi teks dan bahan pendukung lainnya melalui Web.

 

      XHTML – versi khusus dari HTML dirancang agar sesuai dengan aturan konstruksi XML. Ini adalah format standar untuk data epub.

      XML –  tujuan  umum  markup  language  untuk  pertukaran  data.

 

Dalam konteks digital book umumnya terbatas pada XHTML dan

RSS feed meskipun beberapa format lain yang telah ditetapkan.

 

      Untuk lebih lengkapnya dapat diakses pada laman berikut

 

Pemilihan format buku digital

 

 

Pertimbangan pemilihan format digital book yang akan digunakan pada buku ini mengacu kepada beberapa hal, yaitu:

  1. Memanfaatkan ketersediaan perangkat.

 

Jumlah ketersediaan perangkat pendukung yang ada (contohnya: telefon seluler) di Indonesia. Jumlah pegguna telefon seluler diperkirakan sekitar 180 juta pelanggan yang sudah terhubung. Jumlah  tersebut  belum  merepresentasikan  berapa  banyak pengguna tablet, smartphone, featurephone ataupun sebagai modem.

 

 

  1. Ukuran tampilan aplikasi pembaca digital book.

 

Format PDF tidak akan menjadi masalah apabila dibaca menggunakan komputer  maupun  laptop  namun karena  ditujukan untuk perangkat bergerak/telefon seluler yang memiliki ukuran layar yang bervariasi, maka diperlukan format yang dapat menyesuaikan dengan tampilan layar.

 

 

  1. Format yang didukung secara luas.

 

Penggunaan format yang hanya mendukung satuperangkat tertentu akan membuat ketergantungan kepada satu teknologi pendukung saja. Dalam hal pemilihan format perlu dipertimbangkan adalah menggunakan format yang mendapat dukungan secara luas, baik untuk pembuatannya maupun aplikasi pembacanya.

 

 

Untuk  menyediakan  solusi  dari  pertimbangan  –  pertimbangan  diatas, maka diputuskan untuk menggunakan format EPUB. Format EPUB mendukung penyesuaian tampilan teks sesuai dengan ukuran layar kecil untuk perangkat tertentu. Pada format EPUB 3.0 sudah dimungkinkan untuk menyertakan fitur audio maupun video serta animasi ke dalam buku digital.

 

 

 

 

 

Electronic publication (Epub) merupakan salah satu format digital book yang disepakati olehInternational Digital Publishing Forum (IDPF) pada Oktober 2011. Epub menggantikan peran Open eBook sebagai format buku terbuka. Epub terdiri atas file multimedia, html5, css, xhtml, xml

yang dijadikan dalam satu file.

 

Format epub merupakan salah satu format buku digital yang paling  populer saat ini, sebagai format yang tidak mengacu

 

kepada  salah  satu  pengembang  tertentu,  membuat  format  ini  dapat dibaca di berbagai perangkat, seperti: komputer (AZARDI, Calibre, plugin firefox, plugin google chrome), Android (FBReader, Ideal Reader), iOS (ireader), Kobo eReader, Blackberry playbook, Barnes and Noble Nook, Sony Reader, dan berbagai perangkat lainnya. Berbagai kelebihan yang ditawarkan telah menjadikan epub sebagai salah satu format buku digital yang paling banyak digunakan, fitur-fiturnya antara lain:

 

  Format terbuka dan gratis

 

  Berbagai   pembaca   epub   yang   telah   tersedia   di   berbagai perangkat

  Berbagai software pembuat epub telah tersedia

 

  Support untuk video dan audio

 

  Reflowable (word wrap), dan pengaturan ukuran text

 

  Support untuk DRM

 

  Styling CSS

 

Aplikasi penyusun buku digital

 

 

Aplikasi  yang  digunakan  untuk  menyusun  buku  digital  dengan  format ePub adalah:

 

         Aplikasi pengolah kata yaitu Libre Office atau MS Office,

 

         Aplikasi pengolah gambar yaitu GIMP atau Adobe Photoshop

 

         Aplikasi audio editor yaitu Audacity

 

         Aplikasi video editor yaitu Avidemux

 

         Aplikasi ePub editor yaitu Sigil

 

 

Aplikasi ePub editor Sigil

 

 

Sigil   merupakan   sebuah   softwareeditor   untuk   epub   yang   bersifat

opensource. Untuk mengunduh sigil anda dapat mengakses websitenya di https://code.google.com/p/sigil/. Beberapa fitur dari sigil adalah:

 

 Gratis dan Open Source dengan lisensi GPLv3

 Multiplatform: dapat dijalankan di Windows, Linux dan Mac

 Multiple view: Book view, Code View dan Preview

 Dapat langsung mengedit tampilan epub di book view

 Generator daftar isi dengan support untuk heading multi-level

 Editor metadata

 

Semenjak versi 0.7.0 Sigil juga sudah mendukung importfile video dan audio. Dalam buku ini kita akan menggunakan sigil versi 0.7.3.

 

Panel sebelah kiri merupakan file browser untuk file-file yang terdapat di dalam epub, panel tengah merupakan editor, dan panel sebelah kanan untuk daftar isi dari dokumen epub yang sedang dikerjakan.

Proses instalasi perangkat lunak sigil sebagai berikut:

  1. Download file instalasi atau cari file instalasi di CD buku di dalam folder software kemudian buka file instalasi

 

 

Aplikasi pembaca buku digital

 

 

Format EPub membutuhkan aplikasi pembaca buku digital itu sendiri. Untuk memberikan daftar aplikasi pembaca buku digital maka dapat diurutkan berdasarkan platform  dan sistem  operasinya.  Platform  yang dimaksud seperti komputer/laptop, tablet dan telepon seluler.

 

  1. Komputer/laptop

 

Pada komputer maupun laptop, aplikasi yang digunakan dikategorikan berdasarkan sistem operasi:

    Microsoft   windows   dapat   menggunakan   perangkat   lunak seperti Calibre eBook Viewer, azardi

    Apple  MacOs  dapat  menggunakan  perangkat  lunak  seperti iBooks, Calibre eBook Viewer dan azardi

    Linux  dapat  menggunakan  perangkat  lunak  Okular,  Calibre eBook Viewer dan Azardi.

  1. Tablet dan smartphone

 

Pada tablet dan smartphone, aplikasi yang digunakan dikategorikan berdasarkan sistem operasi:

         Apple iOS dapat menggunakan perangkat lunak iBooks

 

         Google   Android   dapat    menggunakan   perangkat    lunak

 

Moon+Reader, Ideal reader, aldiko dan FBReader

 

    Blackberry  OS  dapat  menggunakan  perangkat  lunak  EPub reader yang bisa di unduh di Blackberry

  1. Telepon seluler

 

Pada telepon seluler atau feature phone ada aplikasi Albitreader.

 

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *