Edmodo

PEMBELAJARAN MELALUI KELAS MAYA

Pengertian Edmodo

Pembelajaran Melalui Kelas Maya
A. Pembuatan Akun dan Pengaturan Profil
1. Pembuatan Akun

Akun berfungsi sebagai nama atau alamat bagi pengguna agar tetap bisa menggunakan kelas maya. Dengan mengakses www.edmodo.com, maka peserta didik telas mengakses kelas maya. Sebelum peserta didik mendaftar dan memperoleh akun di edmodo, biasanya peserta didik memperoleh 6 digit kode group dari guru. Dengan memperoleh akun tersebut, peserta didik dapat dengan mudah membuat akun di edmodo dengan memilih tombol I’m a student.

Setelah memilih tombol I’m a student maka akan muncul beberapa kolom yang berisi tentang kode group, username, password, email, first name, dan  last name. Baris pertama 6 digit kode yang telah diberikan oleh guru. Setelah itu, peserta didik mengisi user name dan password yang bersifat unik. Untuk kolom selanjutnya diisi email, nama pertama dan nama terakhir. Kolom email tidak harus diisi, akan tetapi bila diisi maka pemberitahuan dari edmodo akan terkirim ke email. Setelah semua kolom terisi, pilih tombol “sign up” maka proses pendaftaran akan diproses.

  1. Pengaturan Profil

Ketika peserta didik selesai membuat akun, maka peserta didik diharapkan untuk mengatur atau mengubah profil. Cara mengubah pengaturan profil untuk halaman peserta didik, yaitu dengan memilih tombol account pada navigation center. Pilihlah setting pada menu account tersebut, maka akan muncul menu account yang terdiri dari menu accountemail, password, dan privacy serta third-party application. Pada tampilan tersebut, diharapkan peserta didik mengisi identitas diri dengan lengkap. Pada halaman ini, peserta didik dapat mengganti foto, dengan cara mengunggah foto menggunakan tombol upload a new photo. Peserta didik juga dapat mengubah informasi identitas diri yang dapat mengubah email, alamat, nama, timezone, dan sebagainya. Setelah selesai mengatur identitas diri dan mengunggah foto klik “save”.

Setelah selesai pengaturan account, mulailah untuk mengeksplorasi email, password, dan privacy serta third-party application. untuk email text updates berilah tanda centang semua, password dan privacy diatur sesuai dengan kondisi peserta didik. Setelah selesai dengan pengaturan jangan lupa untuk memilih tombol save pada bagian bawah agar pengturan yang telah peserta didik lakukan dapat tersimpan.

  1. Perpustakaan Maya

Fasilitas library di edmodo merupakan perpustakaan maya seperti halnya perpustakaan di sekolah. Guru dapat mengunggah materi pembelajaran, video, audio, yang mendukung proses pembelajaran bagi peserta didik. Dalam perpustakaan maya guru dapat mengaturnya dalam folder-folder tertentu sehingga memudahkan peserta didik dalam mengaksesnya berdasarkan kelas dan mata pelajarannya. Kelebihan Edmodo adalah semua format materi mulai dari text (pdf, word, excel), video (mp4, wmv, mkv, flv dan sebagainya), audio (mp3, wav, dan sebagainya). Dengan kelebihan ini memungkinkan materi pembelajaran dapat bervariasi, menarik dan pembelajaran dapat berjalan baik. Selain itu, bahan ajar dapat diatur oleh guru sesuai dengan kelas mana saja yang memanfaatkan materi dan pelajaran apa saja yang dapat menggunakan materi tersebut.

Materi yang telah diunggah, dapat dimanfaatkan oleh peserta didik sebagai bahan pembelajaran di kelas maya.  Ketika peserta didik selesai mengatur profil dan siap melakukan pembelajaran, maka guru akan memberikan catatan (note). Note tidak hanya bisa digunakan sebagai catatan atau pemberitahuan. Melalui note  peserta didik dan guru dapat berinteraksi, misalnya guru minta peserta didik untuk menanggapi materi video yang di unggah,  dan peserta didik menanggapi pada kolom yang tersedia.

  1. Catatan atau Note

Note atau catatan di edmodo sebenarnya tidak jauh berbeda dengan status di facebook. Fitur ini digunakan sebagai sarana komunikasi antara peserta didik dengan guru, peserta didik dengan peserta didik.

Adapun langkah-langkah untuk membuat catatan/note adalah:

  1.   Pilihlah menunote(warna hijau) untuk dapat memulai menulis note.
  2.   Tulislah catatan pada kolom yang telah tersedia (warna merah).
  3.   File, link, library berfungsi apabila ingin menambahkan materi pembelajaran (warna biru)
  4.   Pastikan catatan yang akan dikirim sudah benar. Apabila sudah benar maka pilihlah “send”                 (warna hitam).

Catatan pada fiur ini yang telah dipublikasikan dapat di edit. Pilihlah icon yang terletak di pojok kanan atas seperti gambar berikut.

Setelah memilih icon tersebut akan muncul beberapa menu pilihan seperti delete, adit, share, link to this post, add post to library, dan make public. Dengan memilih menu sesuai kebutuhan, maka user akan dapat melakukan edit terhadap deskripsi catatan materi, tetapi user tidak dapat melampirkan file, link, dan library. Setelah melakukan edit, klik tombol save  untuk menympan perubahan.

Setiap note memiliki URL, sehingga memungkinkan note tersebut untuk dapat di akses dari luar. Untuk mengetahui URL tersebut, pilihlah link to this post,  atau dengan memilih view post link agar note terlihat di halaman baru (seperti new tab). Perlu kalian ketahui, bahwa note secara default bersifat make private. Apabila URL tersebut diberikan kepada user  yang bukan anggota, maka user tersebut tidak bisa melihat note. Untuk dapat melihat note tersebut, maka note harus diganti menjadi make public.

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *